tugas sim ke 1

on Minggu, 20 Desember 2009
PENGERTIAN MANAJEMEN

A PENGANTAR
Ilmu manajemen sebetulnya sama usianya dengan kehidupan manusia, mengapa
demikian karena pada dasarnya manusia dalam kehidupan sehari-harinya tidak bisa
terlepas dari prinsip-prinsip manajemen. Baik langsung maupun tidak langsung,
baik di sadari ataupun tidak disadari manusia menggunakan prinsip-prinsip dari
manajemen. Ilmu manajemen ilmiah timbul pada sekitar awal abad ke 20 di benua
Eropa barat dan Amerika. Dimana di negara-negara tersebut sedang dilanda revolusi
yang dikenal dengan nama revolusi industri, yaitu perobahan-perobahan dalam
pengelolaan produksi yang efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan masyarakat
sudah semakin maju dan kebutuhan manusia sudah semakin banyak dan beragam
jenisnya.
Sekarang timbul suatu pertanyaan "Siapa sajakah yang sebenarnya memakai
manajemen ?" Apakah hanya digunakan di perusahaan saja atau apakah hanya di
pemerintahan saja. Manajemen diperlukan dalam segala bidang, bentuk dan organ-
isasi serta tipe kegiatan, di mana orang-orang saling bekerja sama untuk mencapai
suatu tujuan yang telah ditetapkan.
B. DEFINISI MANAJEMEN
Dalam mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam, ada
yang mengartikan dengan ketatalaksanaan, manajemen, manajemen pengurusan
dan lain sebagainya. Bila dilihat dari literatur-literatur yang ada, pengertian
manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian: *1
1. manajemen sebagai suatu proses.
2. manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3. manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).
Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagai mana cara orang untuk
mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pengertian manajemen
sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
1. Encylopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan
suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
*1 M. Manullang, Dasar-dasar Manajemen, Ghalia Indonesia Jakarta, 1983, hal 15-16
Page 3
2. Haiman, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiat-
an orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai
tujuan.
3. Georgy R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih
dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
Manajemen suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-
orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau
kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang
bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas
manajemen disebut manajer.
Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas manajemen
dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen. Pengertian manajemen sebagai
suatu ilmu dan seni dari :
1. Chaster I Bernard dalam bukunya yang berjudul The function of the
Executive, bahwa manajemen yaitu seni dan ilmu, juga Henry Fayol, Alfin
Brown Harold, Koontz Cyril O'donnel dan Geroge R Terry.
2. Marry Parker Follett menyatakan bahwa manajemen sebagai seni dalam
menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Dari definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi
semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga
kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
terlebih dahulu. *2
C. MANAJEMEN SEBAGAI ILMU DAN SEBAGAI SENI
Manajemen merupakan suatu ilmu dan seni, mengapa disebut demikian, sebab
antara keduanya tidak bisa dipisahkan. Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan,
karena telah dipelajari sejak lama, dan telah dioraganisasikan menjadi suatu teori.
Hal ini dikarenakan di dalamnya menjelaskan tentang gejala-gejala manajemen,
gejala-gejala ini lalu diteliti dengan menggunakan metode ilmiah yang dirumuskan
dalam bentuk prinsip-prinsip yang diujudkan dalam bentuk suatu teori.
*2 Oey liang Lee, Pengertian Manajemen, Balai Pustaka Adminis-trasi, UGM, Bulletin no.l p. 15
Page 4
Sedang manajemen sebagai suatu seni, di sini memandang bahwa di dalam
mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain, nah bagaimana
cara meme-rintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakekatnya
kegiatan manusia pada umumnya adalah managing (mengatur), untuk mengatur
di sini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain melakukan pekerjaan untuk
mencapai tujuan bersama.
D. MANAJEMEN SEBAGAI SUATU PROFESI
Dalam jaman modern ini semua jenis kegiatan selalu harus di manajemeni,
dalam arti aturan yang jelas, dan sekarang boleh dikata bahwa bidang manajemen
sudah merupakan suatu profesi bagi ahlinya. Mengapa demikian, karena dalam
kegiatan apapun pekerjaan harus dikerjakan secara efisien dan efektif, sehingga
diperoleh masukan atau input yang besar.
Edgar H. Schein dalam bukunya yang berjudul "Organizational Socialization
and the Profession of Managemen" menguraikan karakteristik atau kriteria-kriteria
sesuatu bisa dijadikan sutau profesi, yaitu :
1. Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum yang
berlaku dalam situasi dan lingkungan, hal ini banyak ditunjang dengan
banyaknya pendidikan-pendidikan yang tujuannya mendidik siswanya menjadi
seorang profesional. Mi-salnya Akademi Pendidikan Profesi Manajemen,
Kursus-kursus dan program-program latihan dan lain sebagainya.
2. Para profesional memperoleh status dengan cara mencapai suatu standar prestasi
kerja tertentu, ini tidak didasarkan pada keturunan, favoritas, suku bangsa,
agama dan kriteriakriteria lainnya.
3. Para profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat.
E. TINGKATAN MANAJEMEN DAN MANAJER
Bahwa manajemen digunakan dalam segala bentuk kegiatan baik kegiatan
profesi maupun non profesi, baik organisasi pemerintah maupun swasta, maka
manajer dapat diklasifikasikan dalam dua cara yaitu tingkatan dalam organisasi dan
lingkup kegiatan yang dilakukan.
Bila dilihat dari tingkatan dalam organisasi, manajemen dibagi menjadi tiga
golong-an yang berbeda, yaitu :
Page 5
1. Manajemen Lini atau manajemen tingkat pertama, yaitu tingkatan yang
paling rendah dalam suatu organisasi, di mana seorang yang bertanggung jawab
atas pekerjaan orang lain, misalnya mandor atau pengawas produksi dalam
suatu pabrik, pengawas teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
2. Manajemen menengah (Midie Manager) yaitu mencakup lebih dari satu
tingkatan di dalam organisasi. Manager mengengah mengarahkan kegiatan
manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan
kebijakan organisasi. Contohnya Kepala Bagian yang membawahi kepala seksi,
kepala devisi dan lain sebagainya.
3. Manajemen Puncak (Top Manajer), terdiri atas kelompok yang relatif kecil,
yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. Mereka
menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing hubungan organisasi
dengan lingkung-annya. Sebutan yang khas untuk manajemen puncak ini adalah
Chief Executive officer (Direktur Utama), Presiden dan Senior
Vicepresident.
Menurut lingkungan kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi dua yaitu Manajer
Fungsional dan Manajer Umum. Manajer Fungsional bertanggung jawab pada
satu kegiatan organisasi, seperti produksi, pemasaran, keuangan dan lain sebagainya,
yang dipusatkan oleh kesamaan tugas. Manajer Umum membawahi unit yang lebih
rumit, misalnya sebuah perusahaan cabang atau bagian opersional yang independen
yang bertanggung jawab atas semua kegiatan unit.
Sebutan-sebutan
Presiden Direktur, Wakil
Direktur, Sekretaris peru-
sahaan, Kepala perwakilan
dan sebagainya.
Manajer-manajer
Kepala Departemen, Manajer
cabang, Kepala Pengawas,
dan sebagainya.
Manajer Umum
Penyelia, Mandor, pemimpin
Non Managerial
Tenaga Penjualan, pem-
bukuan, operasional, dan
karyawan lainnya.
Manajemen Puncak

Manajemen Menengah

Manajemen Lini - Pertama

Karyawan Operasional
(non-managerial)
Tingkatan
Manajemen
Gambar L Tingkatan Manajer dalam suatu organisasi :
Page 6
Manajer
divisi
Manajer
Pemasaran
Manajer
Personalia
Manajer Umum
Mengelola beberapa
bidang fungsional
Manajer
Produksi
Manajer
Penelitian &
Pengembangan
Manajer
Keuangan
Manajer-
manajer
Fungsional
mengelola
hanya
satu fungsi
Gambar 2. Hubungan Manajer Fungsional dan Manajer Umum.
Di dalam melaksanakan tugas setiap tingkatan manajer mempunyai fungsi
yang berbeda. Ada dua fungsi utama atau keahlian (skill) yaitu keahlian teknik
(Tehnical Skill) dan keahlian manajerial (Managerial Skill). Keahlian Teknik yaitu
keahlian tentang bagaimana cara mengerjakan dan menghasilkan sesuatu yang terdiri
atas pengarahan dengan motivasi, supervisi, dan komunikasi. Sedang Keahlian
Manajerial yaitu keah-lian yang berkenaan tentang hal penetapan tujuan perenca-
naan, pengorganisasian, penyu-sunan personalia dan pengawasan.
TOP MANAGER
MIDLE MANAGER
LOWER MANAGER
Gambar 3. Perbedaan masing-masing tingkat manajer.
Keterangan :
KNSN3 ■' Ketrampilan Konseptual
Y///\ '■ Ketrampilan Kemanusiaan
: Ketrampilan Administrasi
: Ketrampilan Teknik
Page 7
F. FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
Manajemen dapat berarti pencapaian tujuan melalui pelaksanaan fungsi tertentu,
tapi belum ada konsensus dan kesepakatan apa yang menjadi fungsi-fungsi
manajemen. Fungsi manajemen menurut beberapa penulis antara lain :
Planning, Organizing, Staffing, Directing,
Innovating, Representing dan Controlling.
Planning, Organizing, Directing, Coordinating,
Controlling.
Planning, Organizing, Leading, Controlling.
Planning, Organizing, Commanding, Coordinat-
ing, Controlling.
Organizing, Staffing, Directing, Planning,
Controlling.
Planning, Organizing, Assembling, Resources,
Directing, Controlling.
Planning, Organizing, Actuating, Controlling.
Leading, Planning, Organizing, Controlling.
Perencanaan, Organisasi, Komando, Kontrol.
Planning, Organizing, Controlling.
Forescating, Planning, Organizing, Commanding,
Coordinating, Controlling.
Planning, Organizing, Motivating, Controlling.
Planning, Organizing, Directing/Actuating, Con-
trolling
Planning, Organizing, Coordinating, Actuating,
Leading, Communicating, Controlling.
Planning, Decision Making, Directing, Coor-
dinating, Controlling, Improving.
1.Ernest Dale
2.Oey Liang Lee
3.James Stoner
4.Henry Fayol
5.Kontz dan O'donnel
6.William H Newman
7.George R. Terry.
8.Louis A. Allen
9.John Robert Beishline
10.Williem Sprigel
11.Lindal F. Urwich
12.Dr. SP. Siagian MPA
13.Prayudi Atmosudirjo
14. DR. Winardi SE
15. The liang Gie

Pada hakekatnya fungsi-fungsi di atas dapat dikombinasikan menjadi 10 fungsi
yaitu :
1. Forecasting (ramalan) yaitu kegiatan meramalkan, memproyeksi kan terhadap
kemungkinan yang akan terjadi bila sesuatu di kerjakan.
2. Planning (perencanaan) yaitu penentuan serangkaian tindakan dan kegiatan
untuk mencapai hasil yang diharapkan.
3. Organizing (organisasi) yaitu pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan,
termasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi, tugas dan fungsinya.
4. Staffing atau Assembling Resources (penyusunan personalia) yaitu
penyusunan personalia sejak dari penarikan tenaga kerja baru, latihan dan
pengembangan sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna
maksimal pada organisasi.
5. Directing atau Commanding(pengarahan atau mengkomando) yaitu usaha
memberi bimbingan saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-
masing bawahan (delegasi wewenang) untuk dilaksanakan dengan baik dan
benar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
6. Leading yaitu pekerjaan manajer untuk meminta orang lain agar bertindak
sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
7. Coordinating (koordinasi) yaitu menyelaraskan tugas atau pekerjaan agar tidak
4di kekacauan dan saling lempar tanggung jawab dengan jalan
dihubungkan, menyatu-padukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan.
8. Motivating (motivasi) yaitu pemberian semangat, inspirasi dan dorongan kepada
oawahan agar mengerjakan kegiatan yang telah ditetapkan secara sukarela.
9. Controlling (pengawasan) yaitu penemuan dan penerapan cara dan peralatan
untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
10. Reporting (pelaporan) yaitu penyampaian hasil kegiatan baik secara tertulis
maupun lisan.
Bila dilihat dari proses pelaksanaan kegiatan manajemen, maka fungsi
manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan
pengawasan, inilah adalah fungsi-fungai ke dalam perusahaan, sedang fungsi manajer
ke luar perusahaan adalah :
1. mewakili perusahaan dibidang pengadilan.
2. ambil bagian sebagai warga negara biasa.
3. mengadakan hubungan dengan unsur-unsur masyarakat.

G. RINGKASAN
1. Manajemen telah ada sejak lama dan usianya hampir sama dengan manusia.
Dan manajemen baru merupakailmu pada sekitar abad ke 20.
2. Manajemen dipakai dalam berbagai bentuk organisasi dan perkumpulan, bidang
serta bentuk tipe kegiatan manusia yang mempunyai tujuan bersama.
3. Pengertian manajemen ada tiga jenis, pertama sebagai suatu proses, kedua
sebagai suatu kolektivitas orang-orang yang bekerja sama dalam mencapai
tujuan bersama, dan ketiga sebagai suatu ilmu dan seni.
4. Tingkatan manajemen ada tiga jenjang, pertama manajemen tingkat dasar atau
manajemen lini, kedua manajemen tingkat menengah atau midle management
dan ketiga top management atau manajemen puncak.
PEMECAHAN MASALAH (SOLVE PROBLEM)
i.
Siapa yang sebenarnya membutuhkan manajemen ? Mengapa manajemen harus
ada.
JAWAB :
Manajemen dibutuhkan dan diperlukan untuk semua tipe kegiatan yang
diorganisir dan dalam semua bentuk kegiatan organisasi, dimana ada orang
bekerja sama di dalam mencapai suatu tujuan disitulah manajemen diperlukan
dan dibutuhkan. Macam bentuk dari organisasi sebenarnya sama dalam
menjalankan manajemennya (dalam hal ini fungsi manajemen), karena fungsi
manajemen sifatnya adalah universal, sama baik untuk perusahaan kecil, besar
maupun multinasional dan lain sebagainya.
Perusahaan dapat dipandang sebagai suatu sistem kerja sama, dan kerja
sama ini ada karena orang secara pribadi tidak dapat mencapai tujuan yang
ditentukan semula, tujuan ini dapat tercapai hanya bila dengan kerja sama,
karena hasil yang dicapai lebih besar dibandingkan bila dilakukan secara
individu.
Ada tiga hal penting mengapa manajemen diperlukan :
a. tujuan yang hendak dicapai baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi.
Page 10
b. mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling bertentangan, seperti
kepentingan organisasi, perbankan, pelanggan, konsumen, serikat pekerja,
asosiasi dagang, masyarakat dan pemerintah.
c. mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan.
2. Sebutkan dan jelaskan secara singkat konsepsi utama guna mengukur prestasi
kerja (performance) manajemen.
JAWAB
Ada dua konsep utama untuk mengukur prestasi kerja daripada manajemen,
yaitu :
a. Efisien yaitu kemampuan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar,
dicapai dengan menghitung tingkat ratio dari keluaran (out put) dan
masukan (input). Berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mencapai
tujuan dibandingkan dengan hasil atau pendapatan yang diterima dari
tercapainya tujuan tersebut.
b. Efektivitas yaitu kemampuan guna memilih berbagai alternatif yang ada
guna mencapai tujuan yang diinginkan.
3. a. Mengapa ilmu manajemen mempunyai sifat universal ?
b. Mengapa ilmu manajemen harus mempunyau sifat fleksibel ?
JAWAB
a. Manajemen bersifat universal karena menggunakan kerangka ilmu penge-
tahuan yang bersifat sistematis yang mencakup kaidah-kaidah atau
rumusan-rumusan, prinsip-prinsip dan konsep-konsep. Jadi bila ada seorang
manajer mempunyai dan menggunakan pengetahuan dasar mengenai
manajemen serta dapat mene-rapkan ilmu tersebut pada bentuk, situasi
dan kondisi yang ada, maka manajer tersebut dapat menjalankan fungsi-
fungsi manajerial yang ada secara efisien dan efektif.
b. Di dalam pencapaian tujuan seorang manajer memerlukan kerja sama
dengan bawahannya, maka dalam penerapannya diperlukan sikap dan
tindakan yang fleksibel dengan melihat pada bentuk, tujuan dan situasi

serta kondisi yang ada, baik dilingkungan intern perusahaan maupun
dilingkungan ekstern perusahaan. Apalagi dalam kerja sama ini harus
bekerja sama dengan orang lain yang juga mempunyai sifat, watak dan
kondisi yang berbeda juga kemampuan yang dimiliki oleh bawahannya.
4. Apa yang dimaksud dengan pengertian manajer yang efisien dan manajer yang
efektif, jelaskan jawaban saudara secara ringkas dan benar.
JAWAB
Manajer yang efisien yaitu seorang manajer yang mempunyai kemampuan
atau dapat mencapai input yang lebih besar daripada out putnya. Boleh
dikatakan juga bahwa seorang manajer yang efisien yaitu manajer yang dapat
meminimumkan biaya penggunaan sumber daya yang ada untuk mencapai
keluaran yang telah ditentukan.
Manajer yang efektif yaitu seorang manajer yang dapat memilih pekerjaan
yang tepat dan metode yang tepat di dalam pencapaian tujuan.
5. Coba anda sebutkan tiga hal pokok yang terkandung dalam devinisi manajemen
yang saudara ketahui.
JAWAB
Tiga hai penting yang terkandung dalam devinisi manajemen, yaitu :
1. Koordinasi dari Enam M yaitu men, money, material, metode, mechine
dan market yang nantinya disebut sebagai alat-alat manajemen.
2. Fungsi-fungsi manajemen yang pada pokoknya terdiri atas perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.
3. Tujuan yang hendak dicapai (Obyektive).
6. Tolong buktikan dengan contoh bahwa manajemen merupakan tuntutan bagi
organsasi modern.

JAWAB
Untuk membuktikan bahwa manajemen merupakan tuntutan bagi
organisasi modern dapat diberikan contoh dibawah ini :
1. Hasil penelitian dari Dun dan Brad Street mengatakan bahwa, sebagian
besar kegagalan yang dialami oleh kebanyakan organisasi disebabkan
karena rendah-nya mutu manajemen yang ditetapkan dan kurangnya
keterbukaan dalam orga-nisasi tersebut. Hal ini karena organisasi tersebut
tidak menggunakan prinsip dan kaidah yang telah ditentukan dalam
manajemen ilmiah.
2. The Bank of Amerika, mengatakan bahwa 90 prosen kegagalan yang
dialami oleh kebanyakan perusahaan dan organisasi usaha disebabkan
karena aspek manajemen yang kurang baik.
3. Kasus SIAP (Sisa Anggaran Pembangunan) dalam setiap Repelita hal ini
karena kurangnya perencanaan yang baik dari instansi pemerintah dalam
menerapkan manajemennya.
7. Dalam definisi manajemen sebagai suatu ilmu dikatakan bahwa manajemen
yaitu menjelaskan gejala-gejala manajemen dengan menggunakan metode ilmiah
yang dirumuskan dalam prinsip dan teori. Coba jelaskan apa yang dimaksud
dengan prinsip dan teori di atas.
JAWAB
Prinsip yaitu menjelaskan tentang tingkah laku manajemen yang
dirumuskan untuk menaksir hasil yang akan dicapai dalam situasi dan kondisi
tertentu. Sedang pengertian teori adalah pengelompokan prinsip-prinsip yang
saling berhubungan satu sama lain.
8. Mengapa Prinsip dan teori dalam manajemen dianggap penting ?
JAWAB
Prinsip dan teori dalam manajemen dianggap penting, hal ini karena :
a. manajemen yang menguasi prinsip dan teori serta menggunakannya dengan
tepat dan benar akan mendapatkan efisiensi dan efektivitas yang tinggi.
12

b. Dengan menggunakan prinsip dan teori maka kebijakan penyimpangan
dari prinsip yang dilakukan secara sadar akan meningkatkan sikap hati-
hati (konservatif) terhadap akibat negatif yang mungkin timbul dari
penyimpangan tersebut.
9. Apakah manajemen dan manajer sama ? Apa yang dimaksud dengan penger-
tian manajer ?
JAWAB
Manajemen dengan manajer adalah hal yang berbeda, dimana manajemen
adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen, dalam
pengertian singular disebut manajer.
Manajer adalah pejabat yang bertanggung jawab atas terselenggaranya
aktivitas-aktivitas manajemen agar tujuan dari unit yang dipimpinnya tercapai
dengan menggunakan bantuan dan kerja sama orang lain.
10. Sebutkan dan jelaskan sarana-sarana manajemen yang ada.
JAWAB
Sarana untuk mencapai tujuan manajemen ada enam yang disebut dengan
enam M, yaitu Men, Money, Material, Methods, dan Market serta mechine
yang kesemuanya disebut sebagai sumber daya.
Men atau manusia, dimana aktivitas yang harus dilakukan untuk
mencapai tujuan (planning, organizing, directing dan controlling) tidak akan
tercapai tanpa adanya manusia.
Money atau uang, untuk melakukan berbagai aktivitas manajemen
diperlukan uang, seperti upah atau gaji pegawai, pembelian faktor produksi
dan lain sebagainya. Uang harus digunakan sedemikian rupa agar tujuan yang
ingin dicapai bila dinilai dengan uang lebih besar dari uang atau biaya yang
dikeluarkan untuk mencapai tujuan tersebut.
Material atau bahan-bahan, dalam proses pelaksanaan kegiatan dalam
tingkat teknologi sekarang ini material bukan saja sebagai pembantu bagi
mesin, dan mesin telah berubah kedudukannya malahan sebagai pembantu
manusia.
13
Page 14
Methods atau cara pelaksanaan, untuk melakukan kegiatan-kegiatan
secara berdaya guna dan berhasil guna maka manusia dihadapkan pada berbagai
alternatif pelaksanaan (metode)
Market atau pasar, tanpa adanya pasar bagi hasil produksi, jelas tujuan
perusahaan industri tidak mungkin tercapai, sebab masalah pokok yang dihadapi
oleh perusahaan industri yaitu minimal mempertahankan pasar yang sudah
ada, mungkin mencari pasar baru.
11. Mengapa pada pimpinan tingkat bawah (lower management) manegerial skill
lebih kecil dibandingkan tehnical skill ?
JAWAB
Pimpinan tingkat bawah lebih banyak berhadapan dengan para pekerja
operasional secara langsung, dimana tugas utamanya memberikan bimbingan
langsung kepada petugas operasional, maka bagi pimpinan tingkat bawah
harus mengetahui seluk beluk kegiatan yang operatif.
12. Baik tidaknya hubungan sesuatu perusahaan dengan unsur-unsur masyarakat
memegang peranan penting dalam berhasil tidaknya seorang manajer untuk
merealisasi tujuannya. Berikan jenis-jenis kegiatan manajer dalam mengadakan
hubungan de-ngan masyarakat luar.
JAWAB
Kegiatan-kegiatan manajer yang harus dilakukan dalam menghadapi
masyarakat luar antara lain sebagai berikut :
a. mengadakan pengumuman-pengumuman, komunike-komunike dan artikel-
artikel.
b. menyelenggarakan konferensi-konferensi pers dan pertemuan-pertemuan.
c. menyelenggarakan pameran-pameran.
d. mengadakan kontak atau hubungan dengan unsur-unsur pemerintah dan
masya-rakat.
e. mengatur siaran-siaran melalui radio, televisi, dan bioskop.
f. membuat analisa dari pendapatan umum.
g. menerima kunjungan pihak luar ke dalam perusahaan,
h. memberikan bantuan kepada masyarakat.

i. mempekerjakan masyarakat yang ada disekitar lokasi perusahaan untuk
bekerja di dalam perusahaannya.
13. Apa yang dimaksud dengan manajer fungsional dan manajer umum.
JAWAB
Manajer fungsional mempunyai tanggung jawab terbatas terhadap satu
jenis kegiatan organisasi, seperti bagian produksi, bagian pemasaran, bagian
pembelian, bagian akuntansi, bagian gudang dan lain sebagainya. Kegiatan-
kegiatan manajer fungsional ada dibawah tanggung jawab manajer-manajer
fungsional lainnya. Misalnya manajer pemasaran tugasnya bertanggung jawab
terhadap pemasaran hasil produknya dan kegiatan distribusi lainnya, tetapi
tidak lepas dari kegiatan bagian lainnya, seperti dengan bagian produksi untuk
menyediakan produknya dalam jumlah tertentu dan dalam waktu tertentu,
dengan bagian personalia dalam penyediaan tenaga penjualannya, dan
sebagainya.
Manajer umum bertugas mengatur, mengawasi dan bertanggung jawab
atas satuan kerja secara keseluruhan yang mencakup beberapa kegiatan-kegiatan
fungsional satuan kerja.
14. Coba gambarkan hubungan antara fungsi-fungsi manajemen dan tipe-tipe
manajemen menurut fungsi-fungsi organisasi.
JAWAB
Penyusunan Personalia 1
Pengorganisasian
Perencanaan 1 ■

15. Manajer adalah perencana, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.
Dalam kenyataannya para manajer mengambil peranan yang lebih luas untuk
menggerakkan organisasi guna mencapai sasaran yang telah ditetapkan
sebelumnya. Sebenarnya apa tugas-tugas penting yang dilakukan manajer ?
JAWAB
Tugas-tugas penting yang dilaksanakan oleh manajer yaitu :
a. Bekerja dengan dan melalui orang lain dalam arti luas.
b. Memadukan dan menyeimbangkan berbagai tujuan yang saling
bertentangan dan menentukan prioritas-prioritas.
c. Bertanggung jawab dan mempertanggungjawabkan, dimana sukses dan
kegagalan bawahan adalah cerminan langsung sukses dan kegagalan
manajer.
d. Berpikir secara analistis dan konsepsual
e. Sebagai mediator antar anggota.
f. Sebagai seorang politisi dengan mengembangkan hubungan-hubungan
baik untuk mendapatkan dukungan atas kegiatan-kegiatan yang
dilakukannya.
g. Sebagai seorang diplomat, yaitu sebagai wakil (representatif) resmi dari
kelompok kerjanya pada berbagai pertemuan-pertemuan baik dengan
kelompok organisasi lain, dengan masyarakat maupun dengan pemerintah.
h. Manajer mengambil keputusan-keputusan yang sulit, diharapkan manajer
dapat menemukan pemecahannya dan mengambil keputusan-keputusan
yang akurat.
16. Perilaku manajer dibagi menjadi tiga bidang peranan, yaitu peranan antar pribadi,
informasional dan pembuatan keputusan. Coba terangkan tiga peranan yang
dilakukan oleh manajer tersebut.
JAWAB
1. Peranan Antar Pribadi
Sebagai Pemuka Simbolis, misal menerima dan menjamu tamu,
menghadiri pernikahan karyawannya, upacara-upacara serimonial
lainnya, dan lain sebagainya.

- Pemimpin, mendidik, mengatur, memimpin, memberikan motivasi,
memberikan bimbingan, nasehat dan lain sebagainya kepada bawahan.
- Perantara, berhubungan dengan pihak-pihak ekstern perusahaan, baik
dalam mengadakan pertemuan, perwakilan dan lain sebagainya.
2. Peranan Informasional
Monitoring aliran informasi yang ada baik kedalam maupun ke luar
perusahaan.
- Penerus informasi yaitu menyebarkan informasi-informasi kepada
bawahannya atas keputusan yang diambil dan informasi lainnya dari
luar perusahaan.
- Perwakilan, yaitu sebagai wakil dari perusahaan ke luar perusahaan
baik sebagai warga negara biasa, mewakili dalam pengadilan dan
mengadakan hubungan dengan unsur-unsur masyarakat lainnya.
3. Peranan Pembuatan Keputusan
Wiraswasta, berdasarkan pada inisiatif dan kreatif sendiri.
- Penangakal kesulitan, penanggulangan pemogokan, pembatalan
kontrak, penampung keluhan, kekurangan bahan dan lain sebagainya.
- Pengalokasian sumber daya, kepada siapa, kapan, untuk apa dan
bagaimana sumber daya yang dipunyainya dialokasikan.
- Negotiator, mengadakan perundingan-perundingan dengan pihak lain.
17. Terangkan secara ringkas :
a. Ketrampilan konsepsual.
b. Ketrampilan kemanusiaan.
c. Ketrampilan administrasi.
d. Ketrampilan teknik.

JAWAB
a. Ketrampilan konsepsual yaitu ketrampilan atau kemampuan mental untuk
mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan
kegiatan organisasi.
b. Ketrampilan kemanusiaan yaitu kemampuan untuk saling bekerja sama
dengan memahami dan memotivasi orang lain.
c. Ketrampilan administrasi yaitu kemampuan yang ada hubungannya dengan
fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan.
d. Ketrampilan teknik yaitu kemampuan untuk menggunakan peralatan-
peralatan, prosedur-prosedur dan metode dari suatu bidang tertentu.
SOAL LATIHAN
1. Coba jelaskan apa hubungannya revolusi industri yang terjadi saat itu dengan
perkembangan manajemen selanjutnya.
2. Tolong anda buatkan devinisi manajemen yang paling sesuai dengan keadaan
seka-rang ini.
3. Apakah manajemen bisa disamakan dengan kewiraswastaan ? kalau berbeda
coba anda jelaskan mengapa berbeda.
4. Jelaskan bahwa manajemen adalah suatu bidang spesialisasi akademik atau
suatu bidang studi.
5. Jelaskan jenis-jenis ketrampilan manajer yang anda ketahui.

0 komentar:

Posting Komentar

About Us

Diberdayakan oleh Blogger.