SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)

on Jumat, 01 Januari 2010
SIM bukan merupakan hal baru. Ruang lingkup SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu “sistem”, “informasi”, dan “manajemen”.
Definisi Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Sistem => suatu susunan yang teratur dari kegiatan- kegiatan yang
saling berkaitan dan susunan prosedur-prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama organisasi/institusi.

Informasi => data yang telah diproses/diolah sehingga memiliki arti
atau manfaat yang berguna.
Data = fakta-fakta, angka-angka atau statistik-
statistik yang daripadanya dapat
menghasilkan kesimpulan.

Manajemen => Sebagai PROSES, manajemen adalah kegiatan yang
dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama.

Sebagai SUBYEK, manajemen adalah orang
(atau orang-orang) yang melaksanakan kegiatan tersebut.

beberapa ahli telah memberikan rumusan tentang sistem informasi manajemen, antara lain :
1. SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989)
2. SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995)
3. SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi yag akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996)

Sistem Informasi Manajemen => jaringan prosedur pengolahan data
yang dikembangkan dalam suatu sistem (terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat intern dan ekstern) kepada manajemen, sebagai dasar pengambilan keputusan.



Tujuan mempelajari SIM:

Memandang bahwa, nilai dari informasi amatlah berharga,
oleh karena itu harus dikelola dengan baik.
Sebagai seorang wirausaha, staff manajemen atau terlebih
sebagai manajer, harus dapat menghargai dan mampu
mengelola informasi bagi kemajuan perusahaan atau
usahanya.

0 komentar:

Posting Komentar

About Us

Diberdayakan oleh Blogger.